BERITA TERKINI

Selasa, 10 April 2012

Embargo Militer Amerika Serikat terhadap Indonesia


Embargo Militer Amerika Serikat teradap Indonesia
A. Latar Belakang
Pada zaman Bung Karno dan Kennedy Indonesia dan Amerika Serikat berhubungan baik.Tetapi ketika Nixon naik hubungan Inonesia dan Amerika Serikat merenggang dan adanya ideologi yang berbeda,maka Indonesia berpaling terhadap blok timur yang dipimpin Uni Soviet. Mulai saat itu Indonesia menggunakan alat-alat perang dari Uni Soviet.Tetapi pada zaman Presiden Republik Indonesia yang ke 2 yaitu Bapak Soeharto membuka kembali hubungan dengan Amerika Serikat dan dipersejatailah Tentara Nasonal Indonesia oleh Amerika Serikat. Tentara Nasional Indonesia semakin kuat dan semakin maju dalam hal militer karena di bantu dengan persenjataan Amerika serikat dari pemberian kapal – kapal perang , senjata perang ,hingga pesawat tempur.Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Angkatan Darat termasuk KOPASSUS dan Angkatan Udara yang menggunakan persenjataan dari Amerika Serikat semakin kuat hingga diadakannya latihan gabungan atau latihan bersama antara tentara Amerika Serikat dan Tentara Republik Indonesia hingga masalah kawasan regional. Indonesia menjadi konsen di mata Amerika Serikat karena di Indonesia yang pernduduk lebih dari 200 juta orang lebih tersebut semakin mempercayai kekuatan absolute Amerika Serikat. Pada dekade tahun 80an Kopassus sebagai Komando pasukan khusus yang awalnya bernama RPKAD dan KOPASANDHA diberikan persenjataan oleh Amerika Serikat . Kemudian terjadi kerusuhan Dili , Timor Timur November 1991 Amerika Serikat mengeluarkan kebijakan menghentikan pasokan alat pertahanan ke Indonesia atau di dunia politik internasional di sebut embargo. Kebijakan embargo ini dilakukan karena Indonesia melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM.Apa art Hak Asasi Manusia atau HAM? Hak-hak yang telah dipunyai setiap orang atau seseorang sejak ia masih di dalam kandungan dan itu merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa. Hak Asasi Manusia berlaku secara universal. Dasar – dasar Hak Asasi Manusia atau HAM tercantum atau tertuang di dalam deklarasi Amerika Serikat ( declaration of independence of USA ) . Contoh-contoh Hak Asasi Manusia adalah pertama Hak untuk hidup , kedua hak untuk memperoleh pendidikan , ketiga hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain , keempat hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama , kelima hak untuk mendapatkan pekerjaan. Menurut Amerika Serikat Indonesia telah melanggar kelima hak - hak tersebut .Kebijakan embargo militer Amerika Serikat terhadap Indonesia pasca jajak pendapat Timor Timur tahun1999.
Sejak 1990an pembantaian besar-besaran yang dilakukan oleh militer Indonesia di Timor Timur dan dari situ mulai diketahui Indonesia di bantu negara asing dan terlibat dalam berbagai aksi. Memasuki tahun 2001 ternyata embargo militer Amerika Serikat masih belum berakhir atau belum di cabut. Tetapi mulai 2001 ini hubungan Amerika Serikat dan Republik Indonesia sempat membaik karena Presiden Amerika George W Bush memberikan dana sebesar 400 juta dollar Amerika untuk mendukung dan membantu pendidikan masyarakat sipil Indonesia di bidang pertahanan melalui kegiatan perluasan pelatihan dan pendidikan militer internasional (Expanded Internasional Military Education and Training). Indonesia pun menerima dengan baik. Pada saat di bantu itu negara kita mulai sedikit membaik. Ternyata negara kita masih butuh bantuan yang lebih agar bias berkembang menjadi negara maju. Masalah embargo ini sempat membuat negara Indonesia kewalahan dalam menghadapi pertahanannya. Memang bagi Amerika Serikat masalalah Hak Asasi Manusia adalah hal yang tabu bagi mereka jadi wajar saja jika mereka mengembargo kita karena kita melanggar Hak Asasi Manusia. Hal yang menjadi permasalaan yang diangkat melalui makalah ini adalah bagaimana embargo militer Amerika Serikat tersebut dapat diupayakan untuk berakhir dengan berbagai upaya diplomatic yang dilakukan oleh Indonesia. Dalam makalah ini, akan menganalisa bagaimana embargo militer yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia memberikan pengaruh terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia serta bagimana usaha-usaha yang dilakukan agar embargo yang diterapkan Amerika Serikat ini dapat dicabut dan hubungan Republik Indonesia dengan Amerika Serikat dapat terjalin dengan baik tanpa ada masalah sedikit pun yang dapat mengundang konflik antar kedua negara tersebut.
B. Rumusan Masalah
• Apa penyebab di terapkannya Embargo militer oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia.?
• Bagaimana dampak negatif pelaksanaan Embargo bagi Indonesia?
• Bagaimana proses negosiasi untuk upaya pencabutan embargo tersebut?


PEMBAHASAN

I. Penyebab diberlakukannya embargo militer oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia

            Apa itu embargo? Di dalam dunia politik internasional embargo adalah pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara.Mengapa Amerika Serikat memberlakukan embargo militer terhadap Indonesia? Pada tahun 1991 di Dili Timor Timur terjadi kerusuhan dimana terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia di dili Timor Leste yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia. Kemudian pada waktu presiden Republik Indonesia yang ke 3 yaitu bapak Bacharuddin Jusuf Habibie di tambahkan lagi soal pelanggaran Hak Asasi Manusia tahun 1998 . Pada tahun itu pun Kinerja pemerintahan Bacharuddin Jusuf Habibie dalam pemajuan dan penegakan Hak Asasi Manusia kurang memuaskan bahkan sangat buruk . Baik dalam kerangka pemenuhan hak - hak ekonomi , social , dan budaya ( economic , sosical and cultural rights ) Maupun dalam kerangka pemenuhan hak – hak sipil dan politik ( civil and political rights ) .Zaman Presiden Bapak Soeharto dengan zaman Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie tidak jauh berbeda karena sama – sama tidak memenuhi dan kurang menghargai Hak Asasi Manusia atau HAM . Amerika Serikat langsung memberlakukan embargo kepada Indonesia karena Indonesia melanggar Hak Asasi Manusia.Amerika Serikat menganggap pelanggaran.Pada dasarnya embargo di keluarkan oleh beberapa Negara terhadap Negara lain untuk membuat atau menyulitkan pemerintah Negara tersebut dalam keadaan internal yang sulit dan ekonomi negara tersebut akan mengalami kesulitan juga.Embargo sering sekali atau biasa di gunakan oleh beberapa Negara sebagai hukuman politik bagi suatu Negara yang melanggar kesepakatan,perjanjian atau kebijakan. Hak Asasi Manusia dalam dunia internasional sebagai isu yang krusial.Oleh sebab itu Amerika Serikat kerap memberikan beberapa sangsi atas terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan di Negara-negara dunia.Tujuan dari embargo ini adalah agar membuat Indonesia tidak melanggara Hak Asasi Manusia kembali atau biasa disebut deterent effect (efek jera).


II. Pelaksanaan embargo militer oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia

            Dalam menerapkan embargo militer terhadap Indonesia, Amerika Serikat memberikan beberapa peraturan tentang bagaimana implementasi embargo yang dilkukan Amerika Serikat di bidang militer. Embargo militer yang dijalankan Amerika Serikat menerapkan bahwa pemerintahan Amerika Serikat menghentikan pasokan senjata dan bantuan militernya ke Indonesia.Pada tahun 1991 Amerika mulai mengembargo Indonesia karena melanggar Hak Asasi Manusia di Timor-Timur.Penghentian pasokan perlengkapan militer seperti persenjataan, pesawat tempur, tank dan juga peluru kendali dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Indonesia.


III. Dampak yang dirasakan Indonesia akibat pelaksanaan embargo militer Amerika Serikat terhadap Indonesia
            Sebagai Negara yang masih memiliki kekurangan di bidang pertahanan, Indonesia mengalami dampak yang cukup signifikan atas diberlakukannya embargo militer Amerika Serikat.Kurangnya pasokan peralatan tempur membuat Kopassus mencari dan melakukan upaya agar embargo tersebut dapat dihentikan sehingga Kopassus dapat memperbaiki kepercayaan Amerika Serikat terhadap Indonesia.Sebenarnya, Indonesia tidak hanya bergantung kepada bantuan Amerika Serikat dalam memperoleh bantuan kemiliteran.negara-negara lain seperti Rusia dan Inggris masih memberikan bantuan dan penjualan perlengkapan militernya kepada Indonesia.Saat negara kita yaitu Republik Indonesia di embargo oleh negara adikuasa yaitu Amerika Serikat negara kita benar-benar kerepotan dalam menghadapi masalah pertahanan misalnya dalam sengketa perbatasan negara kita tercinta ini dilecehkan oleh negara-negara tetangga kita. Armada kapal laut Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut tidak berdaya dan tidak bisa menjaga keamanan wilayah-wilayah laut secara aman dan benar atau intensif. Kasus lain yang terjadi adalah meraknya pencurian hasil kekayaan laut di laut wilayah negara kita tercinta.Lalu kita pun tidak bisa (tidak kuat) atau tidak mampu secara efektif menjaga dan mengawal dari ancaman dan gangguan para bajak laut yang ingin mengacau. Penyulundupan dan penerobosan yang melanggar hukum di negara kita ini terus berlanjut dan tidak dapat kita hindarkan lagi.Kemudian di udara pun terjadi hal yang serupa, kita pun sulit atau tidak mampu mencegah dan melarang pesawat-pesawat asing yang melintasi wilayah negara kita ini.Banyak sekali pesawat-pesawat asing yang ingin mengacau di negara kita. Hal yang lebih parah lagi salah satu dari pesawat itu mencoba mempermainkan pasukan Tentara Nasional Indonesia dengan cara mereka berpura-pura menerobos perbatasan kita saat kita mulai siap menembak mereka kembali pergi kenegaranya lagi. Yang membuat kita sedih lagi adalah ketika bencana tsunami dating melanda aceh pada tahun 2005.Benar-benar kita tidak punya alat pengangkut berukuran besar dan siap pakai (cepet gerak).Kalau pun ada alat-alat pengangkut berukuran besar itu ada tapi terpencar di setiap daerah di Indonesia dan daerah tersebut juga membutuhkannya.Negara kita benar-benar kesulitan tanpa alat-alat militer yang mendukung untuk keperluan dalam negeri atau kepentingan dalam negeri.Di bandingkan negara-negara tetangga ternyata alat-alat militer milik kita (Indonesia) ternyata tidak ada apa-apanya bahkan kita ketinggalan dari negara-negara tetangga kita untuk perang, mempertahankan negara, dan untuk bencana alam sekalipun kita sudah tidak bias apa-apa lagi.

IV. Proses negosiasi untuk mengupayakan pencabutan embargo miter Amerika Serikat terhadap Indonesia
            Akhirnya pada November 2005 Amerika Serikat mencabut embargo senjata yang di tujukan kepada Indonesia pada tahun 1992 karena kasus Hak Asasi Manusia atau HAM di Dili Timor Timur . Dari sumber yang di dapat penulis Alasan Amerika Serikat mencabut embargo itu karena Indonesia punya peran strategis dalam Asia Tenggara dan wakil dari dunia islam juga. Dengan pencabutan embargo ini negara kita sangat menyambut dengan senang dan gembira . Dalam hal ini terbukalah kembali hubungan yang baik anatara kita Indonesia dengan mereka Amerika Serikat . Tentara Nasional Indonesia kita atau TNI dapat memperbaharui senjata – senjatanya dan peralatan – peralatan perang yang lain agar bisa dengan sigap dan mantap dalam menjaga keamanan negara baik perbatasan maupun keamanan dari serangan negara lain. Persoalan pertahanan dan keamanan pun sudah mulai bisa di atasi . Para Pasukan – pasukan , perwira – perwira Tentara Nasional Indonesia dapat melakukan latihan bersama dengan tentara- tentara militer Amerika Serikat . Para Tentara Nasional Indonesia akan semakin mantap dan kuat dalam menjaga pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) . Tetapi meskipun embargo sudah di cabut kita harus tetap membangun diri kita sendiri agar dapat berdiri sendiri dan maju tanpa bantuan dari Amreika Serikat. Kita juga harus menjalin kerjasama dengan Rusia dan China karena saat ini mereka juga pemasok senjata terbesar . Indonesia juga harus membuat strategi untuk mereformasi sector keamanan yang telah terjadi sejak 1998 . Reformasi keamanan adalah salah satu cara agar negara kita dapat membangun kembali pertahanan yang kuat dan dapat diandalkan untuk pertahanan Indonesia di masa depan nanti . Membangun kemandirian Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pertahanan nasional adalah hal utama dan dilakukan pembangunan industri pertahanan yang tangguh . Untuk itu perlu ada komitmen politik pemerintah untuk menyediakan ide-ide atau solusi –solusi agar negara kita tidak lagi menjadi pembeli utama senjata – senjata perang tetapi sudah harus bisa menjadi salah satu pemasok senjata – senjata perang di dunia . Pemerintah Indonesia pada saat ini sedang melakukan kerjasama dengan Amerika Serikat dalam hal latihan bersama Komando Pasukan Khusus atau KOPASSUS dengan militer Amerika Serikat . Pencabutan Embargo yang dilakukan Amerika Serikat terhadap Indonesia oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat . tetapi sejumlah anggota komisi 1 DPR menyarankan agar pemerintah berhati – hati terhadap pencabutan embargo Amerika Serikat terhadap Indonesia bahwa pencabutan embargo ini adalah bentuk ke khawatiran pemerintah Amerika Serikat terhadap pemerintah Indonesia karena takut akan hilangnya pasar produk militernya di Indonesia . Pemerintah sedang mengusahakan kerjasama agar KOPASSUS dapat berlatih di Amerika tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan . Menurut Amerika Serikat mereka belum sepenuhnya mencabut embargo terhadap Indonesia tetapi Amerika malah menawarkan Pesawat F – 16 dan beberapa senjata militer canggih lainnya kepada Indonesia . Menurut menteri perthanan meskipun KOPASSUS Komando Pasukan Khusus tidak berlatih di Amerika tetapi mereka tetap tangguh karena mereka juga berlatih bersama dengan Cina , Korea Selatan , dan , Rusia . Mekipun begitu KOPASSUS tetap memiliki persenjataan canggih karena adanya Cina dan Rusia yang memasok senjata kepada Indonesia . Kedatangan Presiden Amerika Barrack Obama ke Indonesia itu juga untuk membahas soal embargo ini .Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga berusaha bersama para menteri agar Amerika Serikat bisa bersahabat baik dan berhubungan baik kemudian terciptanya kerjasama antara kedua belah negara . Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sangat menyayangkan bahwa KOPASSUS belum bisa latihan bersama dengan militer Amerika Serikat . Tetapi dengan kedatangan Obama ini mungkin saja bisa terjadi latihan bersama antara KOPASSUS Komando Pasukan Khusus dengan Militer Amerika Serikat . Meskipun KOPASSUS belum latihan bersama dengan militer Amerika Serikat KOPASSUS tetap menjadi salah satu dari 3 tentara terkuat di dunia mengingat prestasi KOPASSUS yang sangat hebat dan peralatan canggih milik mereka .Ini juga salah satu prestasi buat negara Indonesia meskipun tidak ada bantuan dari Amerika Serikat KOPASSUS tetap menjadi pasukan terbaik.

PENUTUP
Kesimpulan
      Dari Paper di atas kita memang membutuhkan bantuan Amerika Serikat dalam pemasokan senjata kita sangat kesulitan saat di embargo tetapi meskipun begitu kita tetap bisa menghadapi kesulitan tersebut dengan di bantu beberapa negara besar dan mulai dari sekarang kita harus bisa memajukan pertahanan negara kita tanpa di bantu Amerika Serikat atau pun negara – negara lain . Kita harus bisa berdiri sendiri dan menuju kejayaan . Semoga di masa depan kita dapat mandiri dalam segala bidang bukannya hanya pertahanan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar